Maintenance, ato kalo di kaskus sering dibilang "main tenis" dlm bahasa Indonesia gaulnya disebut "perawatan" adl pekerjaan buat merawat sistem/aplikasi yg dibuat... Kebetulan dlam dua bulan terakhir ini sya berkesempatan bwt mlakukan maintenace di slah satu supermarket daerah sya... Yup, ini dy side story nya...
Pertama kalinya sya dititahkan utk mlakukan maintenace ma bos sya, sya lngsung horor dlam sekejap (mklum otak pas2an, uda ngebayangin gmana kalo sistem error sana sini, dst).. ternyata eh ternyata pas maintenance itu, kita (developer) dateng ke lapangan, trus nyatet apa aja yg masalah di aplikasi yg uda di buat, abis itu kalo ditugasin perbaikin, ya perbaikin aja (ini sesuai skenario loo, kan ad cost-nya), trus mnta ttd org yg tanggung jwab dsno, abis itu pulang deh (ato balik ke kantor)... trus apa seru nya sih maintenance tuh??
Buat tmen2 yg berkarir di bidang IT dan mlakukan maintenance di lapangan, biasanya (biasanya looo) bkal dpet cap pinter, cerdas, sophiscated (gtu yee tulisannya), canggih,dst dri pegawe sana.. ini kejadiaan yg sya alami loo, kebetulan aplikasi yg dibuat ma kntor sya ini CRM (Customer Relationship Management) --> bagi yg belom tw silahkan tanya mbah gugel... Jadi TKP nya itu ada di counterstrike (tmpat buat nuker point blanja gtu), nah mbak2 dan mas2 yg dsna ramah2 (ya jelaslah, wong mereka yg brhadapan lngsung ma konsumen)..he3x.. bgitu ngliat sya ngutak ngatik sintaks programnya, pda berdecak gtu deh.. "wah, kok pinter bgt sih dek", "wah, bisa gtu ya", "dan wah2 lainnya"he3x #besarkepala.. pdahal mbak2 dan mas2 yg baek hati ini ga tw, kalo hri sebelumnya sya uda dikasi tw sintaks mana aj yg hrus diganti he he he #tertipu...
Kondisi di lapangan ini beda bgt ma kondisi di kantor pas kita ngoding... yg sya alami ne pas ngeprint kartu pelanggan, sintaks uda ok, tampilan juga.. eh, pas nge-print di sana.. aduh, kok kartunya mereng ya, kok tulisanny kekecilan ya, eh, kok barcodenya kepotong, dan bnyak hal2 yg tak terduga di lapangan... sya sendiri uda ngabisin berapa rol kartu tuh buat ngeprint (kalo bos tuh supermarket liat ne postingan, bsa2 sya dimintain gnti rugi).. jadi smua hal bsa berubah kalo kita sudah menuju lapangan... di laptop sendiri aplikasi yg dibuat cepet, tpi di lapangan, lambatnya minta ampun (tpi skrg syukurlah uda ga lagi...)
Selain masalah coding mengcoding, ada hal yg jdi perhatian sya saat maintenace, yaitu gmana tingkah laku pegawenya, macam2 org yg belanja, dsb... Karena tmpat sya maintenance nya ini supermarket, berbagai macam manusia bertransaksi di dlamny, sya jdi blajar mngenai tipe2 manusia (ini ilmu sya dapetin dri mbak CS yg shift jagany hari kamis, "halo mbak, salam super...").. ad tipe2 yg ga sabaran (ini mbak lngsung tau), ad tipe konsumen yg nyelonong gtu aja, tipe yg tiba2 ngilang (bnyak orang ga sabaran di zman sekarang), tipe yg suka marah2, dsb... Yup, maintenance ga cuma ttg coding, tpi interaksi sosial... curhatan si mbak dan si mas ttg aplikasi yg dibuat (lebi bnyak keluhannya sih.. T.T), dan sya jdi lumayan peduli lah... pernah ad kejadian pelanggan marah2 krena kartu vip nya blom jadi pdahal uda dijelasin ma mbaknya walopun kartunya beda, tpi kode barcode ny ttep nunjukkin kalo dy tuh planggan vip (bu, sabar bu...).. Entahlah, zaman skrg bnyak amat org2 yg emosian, pgen cepet2 nyuruh org kerja, dll... Ya, kelak sya ga akan marahin CS,kasian euuy.. orang uda dritadi kerja...
Well, apapun pekerjaan mereka (yg penting halal), hargailah... memang sih zman skrg ini semuany pda mau cepet (sya juga, mwnya cepet lulus T.T).. tpi, yaaa... bayangin aj bgaimana seandainy Anda diperlakukan sperti itu, gondok juga kan... he he he
Salam,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar