Selasa, 22 Oktober 2013

Yeahhh... Pelatihan Komunikasi Itu Aseekkk..

Well, jujur aja kendala saya slama menekuni profesi yg skrg ini adalah sya slalu bertanya2 apakah sya mmang cocok utk pekerjaan ini dan apa bnar komunikasi yg sya jalankan itu suda bagus ato masi kurang bnyak.. Di tengah asik2ny membanding2kan keadaan, muncul email dri supervisor sya buat mngikuti pelatihany yg diadakan sma kantor sya.. Yup, pelatihan communication skill...

ne spanduknya gan...
Tuhan selalu memberikan apa yg kita butuhkan pada saat yg tak terduga.... Ne pelatihan diadakan hari Sabtu ma Minggu meeeen, jadi kudu berkorban waktu buat bangun siang ga diturutin dlu.. Sesungguhny dalam hati tak rela kalo libur yg berharga slama 2 hari tsb dateng ke kantor, tapi yahh, hidup ini kudu memilih.. jadilah sya meluangkan waktu 2 hari tsb dgn langkah gontai (ceritanya pegawe baek) ke kantor... nape juga mesti pas weekend sih? setrikaan di rumah segunung euyy (yg impasny pas dini kemaren sya mnyetrika pakaian kerja).. oke kalo ngebahas itu semua sya bakalan di cap gagal move on...

Pelatihan ini diadakan pas tgl 19-20 kmaren bertempat di kantor sndiri... bekerja sama dgn Lusaga Training and Consulting, buat yg pgen liat detailnya silahkan kunjungi websitenya di sini (sya ga dibayar buat promo, sueeerr)... Fasilitatornya Pak Yosavat alias Pak Ocha (uda kyak teh aje *upsss peace pak (-,-)v) 

Sya baru pertama x ikut pelatihan yg model kyak gini ne, acarany cukup seru.. Kita diberikan media binder yg isinya ad materi2 serta bbrapa lembar yg bkalan kita isikan dgn komitmen msg2.. Jadi pertama itu, kita bakalan nulis nie apa aj 2 hal (ga bnyak2 lho) yg kita harapkan dari pelatihan ini dan disetiap akhir sesi kita bakalan nulis komitmen kita ke depannya apa yg di awali dgn "Mulai saat ini saya akan...." atau "Mulai saat ini saya berkomitmen untuk..." ini tujuannya adl pas kita nantinya tersesat dan tak tau arah jalan pulang (uda deh, ga usa dinyanyiin) kita bakalan buka tulisan2 tsb dan stelah mmbacanya bakalan inget nie.. "oh iya, waktu tuh smpet nulis ini nape ga dijalani yaaa"... dsb

Kita juga diajarkan bahwa ga boleh mengabaikan hal2 negatif... jngan positif melulu.. negatif itu perlu lho buat meningkatkan kewaspadaan asalkan porsinya ga berlebihan.. Ibaratny batere kalo cuma punya kutub positif doank, ya mana bisa buat aliran listrik tuuhhh...

Selain itu, ada tes utk mengetahui kepribadian masing2 namanya tes DISC (many thanks to Dr. William Moulton Marston yg uda nemuin metode ini). DISC ini merupakan alat psikometri buat ngukur kepribadian seseorang tepatnya PERILAKU KERJA. Ini bisa diperlihatkan dgn gmana cara kita dalam bereaksi thdp sesuatu yg menyangkut diri kita di dalam sebuah lingkungan... Buat lebi jelasnya bisa nanya Mbah Gugel kok, sya jelasin singkatnya aja...

D >>> Dominant (Diving) 
  • Aktif (Ekstrovert) + Thinking (Task Oriented)
  • Lebih condong di Wirausaha atau Pejabat (Tipe Pemimpin)
  • Digambarkan sbg individu yg: Memutuskan, menuntut, menekan, efisien, mendominasi, teliti, berkemauan keras, dan action oriented...

I  >>> Influence (Inspiring) 
*hasil tes saya trmasuk dalam golongan ini nie hehe :v
  • Aktif (Ekstrovert) + Feeling (People Oriented)
  • Lebih condong di Penjual atau Artis
  • Mereka itu: Menarik, dramatis, antusias, memberi ilham, persuasif, stimulating, impulsif, dan promosi....

S >>> Steadiness (Stable) 
  • Pasif (Introvert) + Feeling (People Oriented)
  • Lebih condong di Public Contact atau Liberal Arts (Misalny nie gabung di komunitas tertentu, mereka ini pemendam looo)
  • Terlihat: Personal, bersahabat, menyetujui, menghargai, mendukung, mempercayai org lain, dan jujur

C >>> Compliance (Correct) 
  • Pasif (Introvert) + Thinking (Task Oriented)
  • Lebih condong di Science atau Teknik (Ini tipikal org yg mikiiiirrrrr melulu)
  • Orangnya terlihat: Persisten, serius, teknis, teratur, prosedural, pasti, tenang, impersonal

Nah, begitu uda tau karakter masing2 jadinya kan lebih gmpang buat ngarahin.. Tapi sumpah.. psikologi tuh ilmu yg asik.. sebelum hasil tesnya keluar kami semua para peserta uda keliatan tergolong ke jenis yg mana dari kegiatan2 yg kmi lakukan... hehehe 

Kelar ya urusan DISC nya, malamnya kami diminta buat nge-sms ato nge-chat ato apalah buat ngucapin terima kasih kpd org yg pling berarti..reaksinya macem2 lo.. ad yg lngsung di tlpn, ditanyain balik, dll..  Sya pilih Ibu saya dan saya sms sperti ini.. 

"Ma, makasih ya atas semuanya, moga angel ga ngecewain ;-)"

Pas nyampe rumah, Ibu sya masih keluar.. sya lihat hape, ada satu miskol (ceritanya terharu, pasti mama nanya ada apa nie).. nah begitu Ibu sya pulang, sesuatu di luar dugaan pun terjadi...

S : Saya
M : Mama
-------------
M : Ngel, ngapain kamu sms gitu ke mama?
S : Oww, itu ma... disuru sms terima kasih ke org yg pling berarti... *ceritanya bangga ato dibilang "waahh, mama terharu"
M : Yaahhh, mama kira kamu naik jabatan.....
S : #$%%#$&&***(!!><^&&%% * pengen makan jemuran
-------------
*cerita ini sumpa ga dibuat2.. memang benar adanya... sedihnya nasip saya hixxxx*

Selain itu kita diajarkan utk bagaimana jadi pendengar yg baik, bagaimana menyampaikan pendapat, bekerja dalam tim pas games, dsb.. pokokny pelatihan komunikasi itu penting bgt deh... memang sih pasti bnyakan org mnganggap "buat apa sih gue ikut tuh platihan, toh gue bisa ngomong..." Ga semua org bray, terlahir dgn pandai bersilat lidah, org mmang punya talenta msing2 tpi dgn mlatih dan mngembangkannya bakat2 terpendam juga bsa dimunculkan bukan? Contohny sya, aduhh.. sya slalu menjudge diri saya ini ga cocok jualan ato medagang.. eh, ternyata hasil tesnya... sya trmasuk influence... brarti kan sya ga tau kalo sya trnyata berbakat.. hehehe, tpi Pak Ocha bilang kalo 4 karakter tsb bisa dilatih... nah balik lagi kan dgn berlatih...

Wokee, begitulah beberapa cuplikan dari pelatihan yg sya ikuti ini.. tidak ada yg kebetulan di dunia ini semua sudah direncanakan... Sukses tidak pernah final dan kegagalan tidak pernah fatal, keberanianlah yg paling penting... Kita juga diajarkan bagaimana mengoptimalkan bahasa tubuh (coba kita lihat Pak Presiden kita kalo pidato, tangan Beliau gerak2 kan) itu tuh ternyata ada artinya.. jadi manusia ada yg bisa memahami hanya dgn mendengar dan lagi satunya dgn melihat.. dengan kita mengoptimalkan bahasa tubuh dan suara, niscaya pendengar akan lebih memahami maksud kita =D

Tidak ada yg instant di dunia ini, kopi ma mie instant juga kudu diseduh kan biar bisa di makan (kalo mie sih bisa aja makan mentah, tpi siap2 perut bergejolak ato tenggorokan gatel gra2 msg nya).. makanya sukses itu adalah sebuah proses... Semua mulai dari bawah, biar akar yg menyokongnya tetap kokoh...

So Guys, motivator terhebat itu ya diri sendiri.. jadi latihlah diri kita... ngomong depan kaca dan tunjuk bayangan yg terpantul "Hei, tolong bantu saya.. hari ini saya harus melakukan yg terbaik"... Dan teruslah berkomitmen bahwa hari ini selalu lebih baik dari yg kemarin agar hidup selalu memiliki nilai plus...

bareng Pak Yosavat a.k.a Pak Ocha (-,-)9 "We love you, We support You"


UPDATE!!! Bareng peserta yg laen *baru dapet ne potonyaa...

Siipp, sekian postingan kali ini ttg pengalaman sya dlm mengikuti pelatihan komunikasi... Moga tulisan sya berguna =))))

Salam,










8 komentar:

  1. dapet motivasi baru lagi nih dari artikelnya kaka :D .
    "Jika kamu telah naik jabatan, SMS lah ibu kamu xD"

    BalasHapus
    Balasan
    1. catetan: kalo ibu ente punya hape yaaakkk... *upsss kabur, ntar digampar =P

      Hapus
  2. kata pak ocha, thanks buat postingannya , zanwar-lusaga training

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal pak zanwar, trims uda mampir di blog saya yg humble ini hehehe... thanks juga bwt pak ocha...

      Hapus
  3. Keren...
    Maaf kalo ikutan baca ya.
    Ikutan belajar dari training yang disampaikan oleh seniorku di bidang training Ocha.
    Good to Great...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims uda mampir di blog saya... Salam kenal =D

      Hapus